15 Mar 2014

Media Bagi Yang Ingin Menulis Buku

FB Group Re! Media Service
Ingin menulis buku? Ingin bisa memulai profesi sebagai penulis? Ingin menjadikan kegiatan menulis sebagai aktivitas yang menghasilkan tidak hanya karya yang ditulis tapi juga penghasilan? 
Di Facebook, ada sebuah grup layanan jasa penulisan dan pengelolan media. Awalnya, saya belum memanfaatkannya secara maksimal. Saya masih mengamati aktivitas dari grup ini. Re! Media Service nama grupnya. 

Jadi apa sih aktivitas grup ini? Dari pengamatan saya, kira-kira seperti inilah penjelasan cara kerjanya.

  1. Setiap minggu, pihak Re! Media Service ini memposting penawaran menulis buku dengan ajuan tema yang sudah ditentukan. Misal: Kuliner, ikan bawal, masakan indonesia, dsb. 
  2. Tema-tema tersebut ditawarkan kepada anggota grup. 
  3. Anggota yang tertarik untuk menulis buku dengan tema tersebut, bisa mengirimkan email untuk mengajukan tema yang diminati, dengan menyebutkan nama dan data diri. 
  4. Pihak Re! Lalu akan membalas email tersebut dengan menyampaikan detil dari buku tersebut, seperti topik atau judulnya. 
  5. Selanjutnya, si bakal calon penulis harus merancang outlin buku, sinopsisnya, dan siapa yang kira-kira akan menjadi penulis kedua atau narasumbernya. 
  6. Rancangan outline itu disampaikan kepada pihak agensi Re! Media Service ini, untuk kemudian disampaikan kepada penerbit yang bekerja sama dengan agensi tersebut untuk dipelajari. 
  7. Jika rancangan outline tersebut dinilai layak, penerbit akan meng-acc outline naskah buku tersebut. 
  8. Pihak agensi akan mengumumkan kepada anggota rancangan outline yang sudah di acc agar si calon penulis yang bersangkutan bisa memulai mengerjakan bukunya. 

Jadi kira-kira begitulan cara agensi naskah bekerja. Tidak hanya dalam hal penawaran penulisan buku, layanan agensi naskah ini juga untuk memfasilitasi penulisan konten atau artikel untuk website. Jadi pada dasarnya, memang ini tempat berkumpulnya penulis, editor, penerbit, atau siapa saja yang berminat di bidang penulisan kreatif untuk bisa saling mendapatkan manfaat dari menulis buku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Haii emak, bapak, ibu, adik, abang, neng, uda, uni, akang, teteh, mas, dan mbak, tinggalkan komentar dan jejakmu yaa... saya senang sekali kalau bisa berkunjung ke rumah maya milikmu. Salam BW ^_^

What Is Your Passion?

Quote yang paling menginspirasi: "I am stronger than my excuses".