4 Jun 2013

Tips Bagi Orang Pemalu dan Sulit Bergaul

Dari dulu kalau ditanya apa kelemahan saya yang paling dirasa mengganggu. Jawabannya adalah pemalu dan sulit bergaul. Yap, saya dulu sejak TK hingga SMU adalah sosok paling tidak percaya diri, pemalu dan sulit bergaul. Saya teringat betapa tidak percaya dirinya saya hingga memulai pembicaraan dengan saudara sepupu yang tidak terlalu akrab saja tidak berani. Ketika SD, sering kali waktu istirahat adalah waktu yang paling lama berlalu, karena ketika istirahat saya hanya bisa duduk sendiri di dalam kelas sementara teman-teman asyik bercanda di luar kelas atau di kantin. Wah... kalau mengingat situasi itu, sedih sekali rasanya.

Tapi, ketika duduk di bangku kelas dan 3 SMA, saya mulai bisa membuka diri. Mungkin juga karena saya bertemu dengan teman SMA yang cukup gaul di sekolah tapi masih mau bergaul dengan saya yang kuper waktu itu. Dengannya, saya bisa punya kesempatan untuk lebih dekat dengan teman-teman lainnya. Dan semakin mendapatkan rasa percaya diri untuk bergaul ketika saya kuliah di luar kota, di mana saya bertemu dengan banyak teman yang sangat suportif, juga banyak mendapat kesempatan untuk bisa aktif berorganisasi.

Saya mau membagikan beberapa tips bagi yang bersifat pendiam dan sulit bergaul. Sifat seseorang itu terbentuk dari 2 hal yaitu karakter dasar kepribadian kita yang kemudian didukung juga dengan pengaruh lingkungan utama tempat orang itu dibesarkan. Misalnya orang dengan sifat yang pendam dan sulit bergaul itu mungkin memang punya karakteristik dasar orang yang sensitif atau perasa, ditambah dengan kondisi lingkungan keluarga yang kurang memberikan ruang baginya untuk bisa lebih terbuka. Atau ada suatu peristiwa yang bisa membuatnya merasa tidak percaya pada orang lain.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi sifat pemalu dan sulit bergaul ini:
  1. Coba telusuri apa kira-kira peristiwa yang membuat kamu trauma untuk percaya kepada orang lain. Bukan untuk mengungkit masa lalu dan jadi dendam pada orang yang melukaimu, melainkan untuk memberikan kesempatan buat kita menerima apa yang sudah terjadi di masa lalu, dan memaafkan apa yang sudah terjadi. Menjadi ikhlas dan memaafkan bisa membuat kita menerima diri kita sepenuhnya. 
  2. Cobalah untuk selalu berpikir positif terhadap diri sendiri. Kita dilahirkan ke dunia ini untuk suatu alasan yang penting. Jadi kehadiran kita di dunia ini memang penting. Dengan kita berpikir positif terhadap diri sendiri, kita akan merasa kebih percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Hal ini tidak bisa satu dua kali saja dilakukan. Kita perlu membiasakannya, caranya setiap bangun pagi,ketika belum bergerak dari tempat tidur, selalu cari hal positif apa yang sudah kamu dapatkan hari kemarin dan ucapkan rasa syukur dan terimakasih pada Allah sang pencipta.
  3. Cobalah juga untuk berprasangka baik terhadap orang lain. Pada dasarnya setiap orang itu punya kebaikan hati. 
  4. Coba untuk membuat hubungan pertemanan dengan orang-orang baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Haii emak, bapak, ibu, adik, abang, neng, uda, uni, akang, teteh, mas, dan mbak, tinggalkan komentar dan jejakmu yaa... saya senang sekali kalau bisa berkunjung ke rumah maya milikmu. Salam BW ^_^

What Is Your Passion?

Quote yang paling menginspirasi: "I am stronger than my excuses".