12 Sep 2014

Kue Tradisional Itu Bernama Bolu Kemojo


Bolunya ngga sempet difoto, jadi bole minjem di mari :)
Beberapa waktu lalu, tetangga mengirimi saya oleh-oleh berupa makanan khas Pekanbaru, Riau. Namanya Bolu Kemojo. Jadi nambah perbendaharaan kue tradisional nusantara, yaitu bolu kemojo. Gara-gara dikirimi kue ini, jadi terinspirasi membuat tulisan di sini. Kue bolu ini dikemas dalam kotak seukuran buku novel Ahmad Fuadi…. (he, he, cuma itu yang terlintas untuk menggambarkan ukuran kemasannya).

Ada yang sudah pernah coba, atau paling tidak sudah tahu bolu kemojo itu? Saya sendiri baru sekali itu mengetahui ada makanan asli Pekanbaru bernama bolu kemojo. Padahal, dulu waktu kecil sempat juga saya tinggal selama 2 tahun di sana. Yaa… sekitar tahun 1987-1989. Dulu makanan khas dari kota itu sepertinya tidak ada yang cukup booming. Mungkin juga karena waktu itu saya masih kecil ya, masih SD kelas 1, jadi belum eksis kemana-mana sayanya. :D #sekilasinpoh

Pekanbaru pada masa itu adalah kota kecil yang baru mulai berkembang. Belum ada plaza sama sekali. Hehe, iya, saya membandingkan dengan Jakarta, karena sebelum pindah ke Pekanbaru, saya tinggal di Jakarta selama 3 tahun yang mana di sana udah mulai bermunculan plaza-plaza. #masihsekilasinpoh

Hmm... kembali ke Bolu Kemojo. Jadi, ketika saya membuka kotak kemasan bolu Itu, saya mendapati kue yang lebih mirip kue bantat. Padat. Ternyata memang kue ini tdak  memakai bahan tambahan apapun seperti pengembang atau pelembut. Bahan-bahan kue ini hanya tepung terigu, santan, telur, margarine, gula, dan vanili.   

Tetapi walaupun seperti kue bantat, rasanya jangan ditanya. Enak, legit, yummy lah pokoknya….
Kue ini populer diperjualbelikan secara komersil mulai tahun 1998. Awalnya dibuat hanya untuk konsumsi keluarga, tapi lama kelamaan, kue ini menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru. Nama kemojo artinya kamboja, berasal dari bentuk kue ini yang umumnya berbentuk bunga kemboja. Ya… berarti kalau cetakan bolu ini pakai bentuk lain, silakan diganti saja namanya yaa…

Untuk resepnya, saya ngga tulis di sini, karena saya juga belum pernah bikin. Jadi, maaf ni… monggo googling saja ya :P.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Haii emak, bapak, ibu, adik, abang, neng, uda, uni, akang, teteh, mas, dan mbak, tinggalkan komentar dan jejakmu yaa... saya senang sekali kalau bisa berkunjung ke rumah maya milikmu. Salam BW ^_^

What Is Your Passion?

Quote yang paling menginspirasi: "I am stronger than my excuses".