17 Apr 2009

Pemasaran Bukan Sekedar Menjual


Kegiatan pemasaran tentu saja merupakan kegiatan wajib dari suatu unit usaha apapun, besar ataupun kecil. Karena pemasaran merupakan roh dari setiap unit usaha. Sebagus apapun kualitas produk suatu usaha, jika tidak disertai dengan kegiatan pemasaran yang memadai, tentunya usaha tersebut tidak akan mendapatkan angka penjualan dan laba pun melayang.

Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan pemasaran? Apakah pemasaran hanya sebatas pada kegiatan penjualan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas sebaiknya kita terlebih dahulu melihat definisi – definisi pemasaran di bawah ini :

  • Menurut WY. Stanton, pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
  • Menurut H. Nystrom, pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
  • Menurut Philip dan Duncan, pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
  • Pemasaran menurut The American Marketing Assocciation (AMA)
  • Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan implementasi dari konsep, pricing, promosi, dan distribusi (ide, produk maupun jasa), sehingga dapat diciptakan pertukaran agar dapat memuaskan kebutuhan pelanggan dan perusahaan sekaligus.
  • Philip Kotler lebih jauh menyatakan, bahwa pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
  • Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
  • Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
  • Pemasaran berbeda dengan penjualan. Jika kegiatan penjualan dimulai ketika produk sudah selesai diproduksi, maka kegiatan pemasaran sudah dimulai sejak sebelum menemukan apa yang akan diproduksi.

Willian J.Stanton dan Y Lamarto dalam buku Prinsip Pemasaran memberikan intisari perbedaan penjualan dan pemasaran sebagai berikut :

  1. Penjualan menekankan pada produk, sementara pemasaran menekankan pada keinginan konsumen
  2. Penjualan dimulai dengan membuat produk baru mereka-reka bagaimana menjualnya, sementara pemasaran dimulai dengan menentukan apa yang diingini konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu.
  3. Pada penjualan, manajemen berorientasi pada volume penjualan; sementara pada pemasaran, manajemen berorientasi pada laba usaha.
  4. Perencanaan penjualan berorientasi pada hasil jangka pendek, yaitu produk dan pasar; perencanaan pemasaran berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok dan pertumbuhan yang akan datang.


Melalui riset pemasaran dengan melakukan penelusuran di lapangan, akan diketahui apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu kegiatan pemasaran sebagai rangkaian menemukan solusi yang memunculkan simbiosis mutualisme antara pebisnis dan konsumen. Karena melalui kegiatan ini:
  1. Perusahaan dapat mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya
  2. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
  3. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.

Diolah dari:
1. Dari berbagai sumber
2. Sumber gambar:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Haii emak, bapak, ibu, adik, abang, neng, uda, uni, akang, teteh, mas, dan mbak, tinggalkan komentar dan jejakmu yaa... saya senang sekali kalau bisa berkunjung ke rumah maya milikmu. Salam BW ^_^

What Is Your Passion?

Quote yang paling menginspirasi: "I am stronger than my excuses".