21 Jun 2012

Tips Berwisata Ala Backpacker

Tips Berwisata Ala Backpacker

Saat ini semakin banyak orang melakukan liburan ala backpacker. Alasan utama melakukan liburan ala backpacker adalah bisa menyambangi banyak tempat wisata dengan biaya ekonomis sambil tetap bersenang-senang. Tapi bagi yang belum pernah, mungkin akan mengalami beberapa hal yang membuat bingung. Ada beberapa tips untuk memulai liburan ala backpacker:

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk bisa berlibur ala backpacker, terutama bagi pemula.
  1. Sebagai backpacker pemula yang ingin mengunjungi tempat-tempat di luar Indonesia, bisa memulainya dengan berkunjung ke negara-negara tetangga di Asia Tenggara.
  2. Mempelajari negara yang akan dikunjungi terlebih dulu, dengan mencari informasi dari internet, brosur, atau dari komunitas sesama backpacker.
  3. Terus memonitor informasi tentang tiket pesawat promo dan termurah
  4. Menyelesaikan semua urusan dokumen seperti paspor, visa, dan lainnya. Dan ketika bepergian nantinya, semua dokumen tersebut dijadikan dalam satu tas yang menempel di tubuh.
  5. Membawa uang seperlunya.
  6. Mempertimbangkan masak-masak sebelum berbelanja oleh-oleh. Dengan kondisi membawa ransel kemana-mana, menenteng tas penuh berisi oleh-oleh sangat tidak menguntungkan. Terutama karena bawaan tambahan akan membutuhkan tenaga lebih untuk membawanya, juga ruang yang lebih sempit jika sedang menaiki angkutan umum.
  7. Membawa pakaian, perlengkapan pribadi, dan barang-barang seperlunya. Daftar barang wajib berupa pakaian (sesuaikan dengan musim), obat-obatan pribadi, kamera, selimut/sleeping bag, dan peta negara tujuan.
Dengan bermodal tas ransel dan minus koper, tentunya harus memikirkan baik-baik apa saja yang perlu dan tidak perlu untuk dibawa. Karena dengan ruang yang terbatas, kita tidak bisa membawa pakaian berlebihan. Malah disarankan untuk membawa beberapa potong pakaian saja yang bisa digunakan untuk beberapa kesempatan, dan mudah kering bila dicuci. Sehingga tidak menghabiskan tempat untuk pakaian saja.
Jaket  dan selimut adalah salah satu perlengkapan wajib yang harus dibawa. Karena bepergian ala backpacker, seorang backpacker tidak akan selalu mendapatkan tempat penginapan murah yang nyaman, Selimut bisa menjadi pengganti alas atau bantal sesuai kebutuhan. Perlengkapan lain yang perlu dibawa adalah peta, yang akan memudahkan untuk mencapai tempat tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Haii emak, bapak, ibu, adik, abang, neng, uda, uni, akang, teteh, mas, dan mbak, tinggalkan komentar dan jejakmu yaa... saya senang sekali kalau bisa berkunjung ke rumah maya milikmu. Salam BW ^_^

What Is Your Passion?

Quote yang paling menginspirasi: "I am stronger than my excuses".