30 Okt 2017

Shalih / Shalihah Itu Bukan Sekedar Rajin Sholat dan Pintar Mengaji

Shalih/shalihah itu...
Bukan sekedar rajin sholat, rajin ngaji, punya banyak hapalan surat. Bukaaan.
Bukan sekedar patuh di hadapan orangtua dan guru 
Bukaaan. 

Shalih/shalihah itu...
Memiliki iman dan aqidah kepada Allah, sehingga apapun yang dilakukannya itu karena Allah. Karena mengejar ridho dan cintanya Allah. Sholat, ngaji, menghapal bukan karena ingin dipuji manusia tapi karena ingin dicintai Allah. 
Menghapal tidak sekedar menghapal tapi memahami dan mengamalkan Alqur'an. 
Dan semuaaa yang ada di alQur'an itu adalah hukum bagi semua manusia. Termasuk bagaimana berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungan.
Apalagi disertai dengan menjalankan sunnah Rasulullah. Menjadikan Rasulullah panutan karena kita tahu Rasulullah memiliki pribadi yang luar biasa mulia, sehingga dicintai umatnya, lisan dan sikapnya mencerminkan kecerdasan hati yang tinggi. 

Dan menjadi shalih/shalihah itu adalah menjadi pribadi yang mengejar cinta Allah dan mencintai Rasulnya. 
Tau bagaima rasanya dan apa yang dilakukan ketika jatuh cinta dan mengejar cinta seseorang?
Pasti jadi jaga image kalau ketemu. Hanya melakukan hal-hal yang disukai orang itu. Lalu ikut-ikutan melakukan apa yang dilakukan orang itu. 
Jadi jaga image sama Allah saja. Allah pasti melihat kita. Jangan sampai Allah melihat kita melakukan hal-hal yang ngga disukaiNya, apalagi yang membuat Dia murka. 
Meniru apa yang dilakukan Rasulullah. Dalam beribadah, berinteraksi dengan manusia dan lingkungannya, dalam berorganisasi, dalam berdagang.

Kalau rajin sholat dan pintar ngajinya tidak membuat perilakunya dalam keseharian menjadi mulia dan tidak memberi manfaat bagi sesama, belum bisa dibilang shalih. 
Shalih itu, adalah mengejar cinta Allah, dan mencintai Rasulullah. Sehingga apapun yang dikatakan dan dilakukannya, adalah karena dua hal tersebut. 

Kejar cinta Allah dengan benar, cintai Rasulullah dengan benar. caranya... dalami ilmunya. Pelajari dengan benar. Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu tentang agama, dalam hal ini Islam. 

#pengingat untuk diri sendiri


1 komentar:

  1. Ya bener.. Kita harus mengikuti sesuai dengan alquran dan sunnnah agar bis sleamat dunia akherat.

    BalasHapus

Haii emak, bapak, ibu, adik, abang, neng, uda, uni, akang, teteh, mas, dan mbak, tinggalkan komentar dan jejakmu yaa... saya senang sekali kalau bisa berkunjung ke rumah maya milikmu. Salam BW ^_^

What Is Your Passion?

Quote yang paling menginspirasi: "I am stronger than my excuses".