4 Okt 2014

Liburan Pintar di Rumah Pintar



Ini logonya Rumah Pintar BSD City.
Hari Jumat kemarin, Zhafi libur. Sekolahnya diliburkan untuk menghormati hari Arafah. Nah… ibunya niiih harus cari cara menghabiskan waktu libur biar anak-anak gak bosen di rumah aja dan ngga ngelirik-lirik gadget.  

Begitu dapat informasi libur, saya langsung tanya sana sini, kemana enaknya ngabisin liburan. Ada teman ngusulin ke Rumah Pintar di BSD City. Ada juga yang nyaranin ke Kuntum Nurseries di Bogor. Mengingat BSD lebih mudah dijangkau, maka jadilah si Ibu ngajak anak-anak ke Rumah Pintar. Kuntum Nurseries sudah dilist untuk jadi tujuan perjalan di liburan berikutnya... :)

Karena rencana ngebolang sama Zhafi dan Hanan ini tidak didukung oleh ketersediaan kendaraan dan supirnya :P..., jadilah kami bertiga naik kendaraan umum andalan. Angkot. Setelah mempelajari medan di Google Maps dibantu petunjuk-petunjuk dari Bapak Presiden…. eh… bapaknya anak-anak, taulah kita mau naik angkot apa.

Lokasi Rumah Pintar
Ternyata …. Mudaaah banget, mencapai lokasi itu dari dari rumah kami di daerah Poris. Cukup naik angkot 2 kali, langsung berhenti tepat di depan lokasi. Tanya arah ke supir angkot juga gampang karena lokasinya strategis. Cukup Tanya, Kolam Renang dan Taman Jajan di BSD City di mana yaa…., pasti udah tau.

Perjalanan naik angkot ke sananya yang lumayan berasa panas dan gerah. Ditambah cara nyetir Pak Supir yang ugal-ugalan, makin lengkaplah rasanya. Gado-gado antara mual, kepanasan, dan sesak. Untung kayanya anak-anak ngga ada masalah… Huff…. Nah begitu sampai di lokasi, dan masuk ke dalam Rumah Pintar, fiuhh…. Rasanya mak nyess demi merasakan udara ber AC membelai kulit.

Jadi.. lokasi Rumah Pintar itu ada di bangunan yang terdapat di area Kolam Renang dan Taman Jajan. Menempati lantai 2, Rumah Pintar ini dibuat nyamaaan banget. Di dalam Rumah Pintar ini, bisa ditemui sentra-sentra seperti sentra permainan edukatif, sentra buku,  sentra kriya, sentra komputer, dan sentra audio visual yang menempati area cukup luas dengan panggung secukupnya di tengah-tengah semua sentra. Pada hari itu, kebetulan ada latihan menari untuk mempersiapkan perayaan Hari Sumpah Pemuda.

Fasilitas, Pelatihan, dan Sentra Edukasi 
Anak-anak kemarin enjoy beneerr di sentra permainan edukatif. Macam-macam permainan seperti puzzle, balok, block, mainan dapur mini, bisa dimainkan di sana. Mereka berdua betah di dalam sana, sementara Si Ibu asyik ngobrol dengan seorang ibu yang juga menemani anaknya di situ.

Buku-buku di sentra buku juga lumayan menggoda untuk dibaca. Ada banyak pilihan buku, di antaranya buku cerita dan pendidikan untuk anak-anak, buku-buku keterampilan, budi daya tanaman, dan buku-buku sumbangan dari Ibu Ani Yudhoyono.

Tanya-tanya sama seorang ibu yang jadi staf Rumah Pintar, ternyata di sini pun aktif diselenggarakan pelatihan-pelatihan yang sasarannya untuk anak-anak dan ibu-ibu. Setelah mengisi formulir keanggotaan yang tanpa dipungut biaya apapun, anak-anak atau ibunya boleh memilih pelatihan yang ingin diikuti. Untuk anak-anak ada menari, melukis, komputer, dan bahasa Inggris (Fun English). Untuk ibu-ibu, pelatihannya lebih ke kreasi daur ulang dan sablon kaos.

Wahh… tertarik banget ikut pelatihan kreasi daur ulang. Sayang bukan di akhir pekan, jadi mungkin belum bisa ikutan saya. Karena lokasi lumayan jauh dan si Ibu ini masih jadi petugas tetap jemputan si Sulung.

Pelatihan-pelatihan itu ada jadwalnya masing-masing setiap  minggu. Dan setiap hari pasti selalu ada kelas pelatihan. Yang mengikuti biasanya anak-anak atau ibu-ibu yang memang tinggal tidak jauh dari Rumah Pintar. Tapi ketika akhir pekan (hari Sabtu), pengunjungnya juga berasal dari tempat-tempat yang lumayan jauh. Ada juga yang dari Bogor. Ngga heran kalau hari Sabtu pengunjungnya bisa sampai 100 – 200 orang. Woow…
 

Sst… sebenernya ada Wifinya juga loh, tapi tanya dulu passwordnya sama staffnya yaa.. 


Fun With Kids Without Gadget (I mean ... at all)
Lumayan lega juga bisa ngajak anak-anak kesini. Mengenal tempat baru. Dan walaupun jauh, ngangkotnya gampang. Jadi bawa anak-anak pun fun-fun aja. Malah pas perjalanan pulang, krucils pada tidur dengan nyenyaknya di angkot. *Untung angkotnya juga sepi.

Wah… seruuu bangetlah ngebolang bertiga ke Taman Pintar.  Sayang, karena saya ngga bawa kamera, dan hape saya ngga ada kameranya (kebayang jadulnya yaa), ngga bisa foto-foto deh. Yang tinggal di daerah Tangerang, mbok ayooo kalau liburan bosen ke mall, ke Rumah Pintar bisa jadi alternatif kan yaa :)

Sumber gambar: www.republika.co.id

4 komentar:

  1. nggak pake entrance fee ya mbak?

    bagus tuh buat anak-anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga ada biaya apapun mbak Diah. all free. termasuk pelatihan2nya. anak2 jadi bebas eksplorasi. mau berenang pun bisa :)

      Hapus
  2. anak2 pasti sangat suka... menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, pak Adi. anak2 saya juga pengen ke sana lagi :)

      Hapus

Haii emak, bapak, ibu, adik, abang, neng, uda, uni, akang, teteh, mas, dan mbak, tinggalkan komentar dan jejakmu yaa... saya senang sekali kalau bisa berkunjung ke rumah maya milikmu. Salam BW ^_^

What Is Your Passion?

Quote yang paling menginspirasi: "I am stronger than my excuses".