17 Apr 2014

Sarapan Pagi dengan Buah

Sumber gambar dari sini

"Pagi-pagi jangan makan buah, nanti diare lho"
Ups, bener ngga sih begitu. Setidaknya peringatan itulah yang sering saya dengar jaman saya kecil dulu. Pagi itu, ya makan nasi dulu, baru makan buah. 

Lalu, saat sedang mencari penyembuhan penyakit secara alami, saya mendapatkan referensi tentang sebuah pola makan yang cukup dikenal sekarang ini, yang disebut food combining. Pola makan ini dikatakan sebagai pola makan yang alami dan menyehatkan. Karena dengan menerapkan pola makan ini, berat badan ideal bisa tercapai dan badan menjadi lebih sehat dan seimbang. 

Ternyata, salah satu prinsip dalam pola makan itu, adalah sarapan buah. Iya, mulai bangun tidur sampai tengah hari, usahakan tidak ada makanan lain selain buah. Karena ternyata di pagi hari itu, siklus pencernaan berfokus pada proses pembuangan zat-zat sisa makanan. Pembuangan zat sisa ini ternyata butuh energi. Kalau di waktu-waktu tersebut, perut kita dijejali dengan makanan padat seperti nasi atau daging, proses pembuangan tidak maksimal, karena energi yang seharusnya diganakan untuk pembuangan, terpakai untuk mencerna makanan padat tersebut. Itu makanya, dianjurkan hanya sarapan buah saja. 

Apa benar lantas jadi diare. Hmm.. sebetulnya bukan diare, tetapi proses pembuangannya maksimal. Pengalaman saya sih, menerapkan pola makan ini (walau tidak setiap hari juga), pagi-pagi proses pembuangan lancar, ngga pakai sembelit, bisa sampai 2 kali. Normalkah? Normal lho, karena memang sebaiknya BAB itu sehari 1-2 kali. Jadi tidak perlu khawatir diare. 

Tapi... saya masih sering nakal juga sih. Kadang kalau di meja ada cemilan kue basah, dilahap juga, hehe. Kalaupun ingin makan makanan lain, setelah makan buah, saya beri jeda dulu 30 menit, menunggu sampai buah tercerna tuntas. Setidaknya bagi saya, dengan sarapan buah di pagi hari, porsi buah saya paling sedikit 3 porsi. Kalau ditambah dengan makan siang dan malam dengan sayur, setidaknya kebutuhan untuk buah dan sayur sudah genap 5 porsi.

Itu pengalaman sarapan pagi saya. Bagaimana dengan sarapan pagimu, teman? :)

3 komentar:

  1. thank you infonya mba,,,
    nasib anak kost, ndak pernah sarapan,,, kayanya kalo sarapan buah lebih memudahkan deh,,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih mudah, n lebih sehat. hehe. tapi yang banyak lho ya buahnya :D

      Hapus
  2. Jadi pengen sarapan buah juga

    https://kulitmanggisku.com/

    BalasHapus

Haii emak, bapak, ibu, adik, abang, neng, uda, uni, akang, teteh, mas, dan mbak, tinggalkan komentar dan jejakmu yaa... saya senang sekali kalau bisa berkunjung ke rumah maya milikmu. Salam BW ^_^

What Is Your Passion?

Quote yang paling menginspirasi: "I am stronger than my excuses".