22 Feb 2014

Resep: Kue Tepung Beras Plus Kelapa Isi Gula Jawa

Bingung mau bikin kue apa ya dari tepung beras yang simpel, ngga ribet. Perjalanan ke dunia maya lewat dengan petunjuk dari Mbah Google akhirnya sampai pada resep satu ini.

Kue ini boleh dibilang masih sodaraan sama kue putu, atau kue dongkal asli betawi. Bahannya relatif sama, cuma media masak dan caranya yang agak beda-beda dikit.

Waktu membuat kue ini, saya di bantu sama asisten terbaik, Zhafi. Dia semangat banget minta ibunya bikinin kue dari tepung beras, karena udah paham kalau dia belum bisa menyentuh kue-kue ala bakery dan snack-snack kemasan ala supermarket apalagi warung karena alerginya.

Dia senang banget waktu mengaduk tepung beras dengan kelapa, lalu mengisi adonan itu ke dalam cetakan bolu kukus. Selesai dikukus, dan Zhafi mencoba, pertama dia mungkin belum terbiasa dengan rasanya, antara gurih dan manis gula jawa. Tapi belakangan dia suka dan mau bawa buat bekal sekolahnya.

Okey ini dia bahannya:
250 gr tepung beras (sebaiknya yang baru digiling)
250 gr kelapa parut
gula merah / gula jawa secukupnya untuk isian adonan
gula putih secukupnya 
daun pandan secukupnya

Cara Membuat:
Campurkan tepung beras dan kelapa dalam wadah, tambahkan gula pasir 1 sendok makan.
Siapkan cetakan, lalu isi dengan adonan sampai dengan setengahnya, lalu taruh beberapa irisan kecil gula jawa, dan tutup lagi dengan campuran tepung dan kelapa tadi. Untuk lebih wangi, boleh ditambahkan daun pandan di atasnya. Kukus semua adonan selama kurang lebih 20 menit.
Oh ya, sebelumnya, cetakan diolesi minyak sayur dulu, supaya ketika kue dikeluarkan dari cetakan, tidak lengket.

Boleh deh dicoba. resepnya sumbernya dari sini:
http://www.justtryandtaste.com/2013/05/kue-tepung-beras-isi-gula-merah.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Haii emak, bapak, ibu, adik, abang, neng, uda, uni, akang, teteh, mas, dan mbak, tinggalkan komentar dan jejakmu yaa... saya senang sekali kalau bisa berkunjung ke rumah maya milikmu. Salam BW ^_^

What Is Your Passion?

Quote yang paling menginspirasi: "I am stronger than my excuses".