12 Nov 2013

Bulan Penuh Siraman Ilmu

Dalam satu bulan ini, alhamdulillah dimampukan untuk mengikuti beberapa forum untuk menambah ilmu, terutama dalam hal pengembangan diri.

Tanggal 27 Oktober 2013 lalu, mengikuti School of Co Parenting (SCOPE) yang diadakan Sekolah Alam Tangerang (SAT). SCOPE ini diwajibkan oleh SAT untuk orangtua siswa kelas 1 SD. Berhubung, Zhafi si sulung kelas 1, ya ‘terpaksa’ datang. Tapi keterpaksaan ini in syaa Allah ngga sia-sia. Malah bersyukur banget bisa dateng, karena bisa menambah wawasan dalam memahami anak, sehingga kita bisa lebih berhati-hati ketika mengasuh dan mendidik anak. SCOPE ini dibawakan oleh seorang konsultan pendidikan Pak Adriano Rusfi (Pak Aad). Tentang event ini, akan saya ceritakan dalam postingan tersendiri.

Tanggal 2-3 November 2013, dimudahkan dan dimampukan mengikuti Training SEFT. Ini training paling keren yang pernah saya ikuti. Training ini, walau bagi banyak orang (termasuk saya sendiri waktu belum ikut) terasa mahal biayanya, tapiiii... dibandingin dengan manfaat yang didapet alhamdulillah, itu biaya amat sangat tergantikan, alias ngga merasa rugi karena ilmunya yang praktis dan berguna sangat. Karena ilmu yang didapet disini, bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan penyembuhan, buat kebahagiaan pribadi dan keluarga, buat kesuksesan karir atau bisnis, dan buat kehidupan yang lebih bermanfaat. Dan saya pun udah merasakan manfaatnya dalam hal penyembuhan beberapa penyakit, dan kebahagiaan pribadi dan keluarga, walau baru 1 minggu yang lalu ikut training. Dan senengnya lagi, satu kali bayar training itu, bisa ikut lagi alias mengulang lagi gratis selama 3 tahun. Kenapa seneng disuruh ngulang? Ya pertama, karena yang namanya ikut training atau belajar itu, kalau baru 1 kali ikut, paling hanya 10 % -15% yang nyangkut. Ketika mengulang, persentasi materi yang nyangkut di otak dan hati bisa bertambah jadi 20% persen. Dan mengulang lagi, berarti nambah lagi yang nyantol, sampee in sya Allah ngelotok. Kedua, ya karena tidak perlu bayar lagi untuk mengulang. Nanti akan saya posting kesan dan beberapa catatan saya waktu mengikuti training ini.

Tanggal 5 November, waktu datang ke pameran buku di Senayan, secara kebetulan bisa ikut mendengarkan Ust. Felix Siauw berbicara tentang How To Master The Habit. Ini bukan ilmu baru sebenarnya, tapi bermanfaat untuk mengingatkan kembali tentang membentuk kebiasaan baik. Dan lagi, ketika disampaikan oleh beliau, terasa beda dan tetep saja manggut-manggut tanda excited. And that forum was free, alhamdulillah.

Tanggal 9 November, alhamdulillahh lagi... bisa dapet ilmu dari Abah Ikhsan Baihaqi, di forum Program Disiplin Anak (PDA). Program ini  berupa training 1 hari untuk orang tua atau pendidik dalam hal mendisiplinkan anak tanpa emosi. Ini juga forum ilmu yang keren sangat. Pertama ilmunya praktis dan berguna, terutama bagi anak yang tantrum, rewel, lelet di pagi hari, males bangun pagi, tukang jajan, dan sebagainya. Ini juga punya sistem yang sama dengan training SEFT. Bisa mengulang tanpa bayar lagi, dengan menunjukkan sertifikat.

Saya bukan penggila training motivasi atau training pengembangan diri. Pertama, karena namanya juga training, biayanya pasti lumayan besar. Paling tidak minimal 100 ribu sampai jutaan. Kalau masih 100 ribuan mungkin masih mampu, tapi juga ngga tiap minggu kali yah. Namanya emak-emak, mikir juga kalau tiap minggu keluar 100 ribu buat training, nanti kapan makan daging? Hehe. Kalau bukan karena ‘dipaksa’ atau ‘diceburin’, mungkin saya pikir 1000 kali untuk ikut training. Kedua, dari segi waktu, lumayan ya.... kalo ngga ikut training bisa jalan-jalan sama anak-anak, atau melsayakukan hobi.Tapi alhamdulllah, kemarin ‘dipaksa’, alhamdulillah kemarin ‘diceburin’, rezeki tetap saja ada, waktu bisa diatur, mungkin karena niatnya menuntut ilmu karena memang merasa butuh dan pingin memperbaiki diri, untuk lebih banyak menebar manfaat, paling tidak buat keluarga dan orang-orang sekitar.

Lucunya, ketika mengikuti training itu dalam 3 minggu berturut-turut, antara 1 trainer dengan trainer lain kadang memberikan kutipan atau pesan yang saling berkaitan.


In sya Allah yah...mudah-mudahan dengan diberikannya kesempatan menimba ilmu di berbagai forum ini, mudah-mudahan dari investasi waktu dan biaya ini, bisa mempertebal kemampuan diri ketika berhadapan dengan tantangan hidup dalam pribadi, keluarga dan masyarakat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Haii emak, bapak, ibu, adik, abang, neng, uda, uni, akang, teteh, mas, dan mbak, tinggalkan komentar dan jejakmu yaa... saya senang sekali kalau bisa berkunjung ke rumah maya milikmu. Salam BW ^_^

What Is Your Passion?

Quote yang paling menginspirasi: "I am stronger than my excuses".